Pages

Rabu, 23 November 2011

Manfaat Teknologi di Berbagai Bidang Ilmu


Teknologi adalah  adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Dalam memasuki Era Industrialisasi, pencapaiannya sangat ditentukan oleh penguasaan teknologi karena teknologi adalah mesin penggerak pertumbuhan melalui industri
Sebagian beranggapan teknologi adalah barang atau sesuatu yang baru. Namun, teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontemporer. Setiap zaman memiliki teknologinya sendiri.
Hubungan teknologi dengan ilmu pengetahuan sangat jelas terkait, hal itu dikarenakan kemajuan ilmu pengetahuan sangat bergantung pada kemajuan teknologi. Salah satu penerapannya antara lain dalam hubungan komunikasi. Dengan adanya teknologi, seseorang dapat berbagi ilmu walaupun jarak antara keduanya sangat berjauhan. Hal ini dapat terjadi dengan adanya teknologi komunikasi yang sangat memudahkan para penggunanya untuk bertukar informasi kapanpun dan dimanapun.
Selain itu, teknologi merupakan inti dari segala bidang ilmu pengetahuan. Karenanya dalam setiap bidang ilmu,menggunakan teknologi sebagai alat bantu untuk menemukan fakta-fakta ilmiah. Salah satu contoh dalam hal ini adalah bidang ilmu biologi. Tanpa teknologi berupa penemuan mikroskop, seorang peneliti takkan pernah mengetahui betapa rumitnya sistem tubuh manusia, karena penelitian itu pula lah dapat ditemukan berbagai jenis pengobatan bagi manusia.
Tidak sampai disitu, teknologi sangat berperan dalam ilmu kesehatan. Di zaman yang modern ini, telah banyak operasi yang menggunakan teknologi mutakhir sebagai medianya. Seperti laser yang digunakan untuk mengobati cacat mata.
 Dan teknologi yang terbaru dalam ilmu kedokteran adalah penggunaan robot untuk pembedahan (Robotic Surgery). Peran manusia tetap tak tergantikan sebagai operator robot, dengan menggunakan aspek yang berpadu antara manusia dengan robot diharapkan ada keseimbangan antara keduanya meskipun masih kontroversi sampai sekarang. Operasi bedah sudah beralih dari operasi besar menjadi operasi dengan luka operasi yang kecil (sayatan kecil) dengan teknik laparoscopy. Robotic surgery sudah banyak digunakan sebagai operasi prostat (prostatektomi) di Amerika, tetapi masih kontroversial karena membutuhkan biaya tidak sedikit, perlu keahlian tinggi meskipun dengan keuntungan perdarahan minimal.
Kedepan operasi bedah bisa dilakukan robot dengan batuan internet yang dihubungkan dengan operator /ahli diluar negeri, seperti menggunakan remote TV. Saat ini operasi besar dengan kasus-kasus sulit yang masih membutuhkan bimbingan dari ahli luar negeri masih dilakukan semacam teleconference sehingga tahap-tahap operasi bedah yang susah ditangani dapat dilakukan, dokter operator dari dalam negeri sedang bimbingan dari para ahli di luar negeri yang dihubungkan dengan internet. Dukungan teknologi juga terasa manfaatnya di bidang pendidikan. Salah satu manfaatnya antara lain penggunaan komputer dan software pendukungnya dalam penyampaian materi, seperti Microsoft Power Point dan lain-lain. Penggunaan e-library di berbagai sekolah juga merupakan salah satu manfaat teknologi di bidang pendidikan. Pencarian bahan bacaan yang mudah dan tampilan yang menarik membuat anak-anak menjadi gemar membaca.
            Internet lounge yang tersedia di berbagai tempat umum, khususnya di kampus-kampus merupakan perwujudan kemajuan teknologi pada saat ini. Munculnya hotspot area yang kini didominasi oleh cafe dan mall juga merupakan pencerminan dari betapa manusia modern tidak bisa lepas dari teknologi.
            Kemajuan teknologi dalam bidang ilmu arsitektur juga kini telah terlihat jelas. Pembuatan sketsa sampai dengan desain kini telah disusun dan dirangkai dengan sistem komputerisasi, tak lagi direpotkan dengan rumitnya gambar yang harus dibuat secara manual.
            Teknologi kini menjadi suatu kebutuhan vital bagi para penggunanya. Terutama bagi para pelajar, karena semua bidang ilmu sangat bergantung pada teknologi. Bidang seni pun tidak luput dari kemajuan teknologi modern. Antara lain penggunaan software-software yang mendukung sebuah produksi seni, seperti program Adobe illustrator yang berperan dalam bidang seni rupa atau Adobe Audition yang memegang andil penting dalam bidang seni musik.
            Studi bahasa pun kini dipermudah dengan adanya teknologi laboraturium bahasa. Para pelajar kini dapat dengan mudah mendapatkan bahan ajar kebahasaan dan kesusastraan yang memadai.
            Media ajar juga dapat dengan mudah dicari dengan teknologi informasi, dengan media internet, seseorang bisa membaca dengan gratis, karena tersedia e-book yang berisi berbagai ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi para pembacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar