hai teman-teman blogger pada tugas mata kuliah softskill kali ini saya akan menjelaskan lebih rinci lagi tentang Pengantar Teknologi Game. selamat membaca ...
1. Shading
Shading merupakan persepsi mengenai
kedalaman atau ketebalan sebuah objek yang terbentuk dari hasil
pemberian efek gradasi gelap terang pada objek. Efek gradasi tersebut
akan memantulan bayangan pada permukaan yang rata, ditambah dengan
pengaruh sudut dan jarak antara objek terhadap cahaya sehingga di setiap
permukaannya mempunyai tingkatan pencahayaan yang tidak sama maka
terbentuklah shading tersebut.
2. A. Diffuse
Diffuse adalah pencahayaan yang
tergantung dari besarnya sudut yang dibentuk antara sinar dari lampu ke
titik tabrak pada obyek dengan normal obyek. Sehingga posisi lampu
sangat mempengaruhi efek diffuse ini. Intensitas diffuse dapat dicari
dengan hukum
Lambertian sebagai berikut:
I = Ip * Kd (cosθ )
Dari
persamaan intensitas diffuse tersebut cos θ dapat dihitung dengan
melakukan dot product antara sinar dari lampu ke titik tabrak obyek
dengan normal obyek itu, masing-masing merupakan unit vektor. Sehingga
didapat persamaan baru
I = Ip * Kd * ( L • N )
dimana,
I= Intensitas yang dihasilkan
Ip = Intensitas diffuse dari sumber cahaya ‘x’
Kd = Koofisien diffuse
N = Vektor normal dari obyek
L = Vektor dari titik tabrak ke sumber cahaya
θ = Sudut antara N dan L
B. Ambient
Ambient adalah efek pencahayaan yang telah membaur dengan lingkungan
sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan-akan cahaya datang
dari segala arah. Efek ini akan mempengaruhi terang atau tidaknya suatu
lingkungan yang terlihat oleh mata. Semakin banyak lampu maka ruangan
semakin terang, sebaliknya jika lampu sedikit maka ruangan
remang-remang.
Intensitas ambient pada suatu obyek dapat dicari dengan persamaan :
I = Ia * Ka
dimana,
I= Intensitas yang dihasilkan
Ia = Intensitas ambient
Ka = Koefisien ambient
C. Specular
Specular
adalah efek pencahayaan dimana bayangan sumber cahaya terlihat pada
permukaan obyek. Efek specular terlihat pada obyek yang mengkilap.
Semakin mengkilap permukaan suatu obyek maka makin jelas bayangan sumber
cahaya yang terlihat pada permukaan obyek tersebut. Untuk mencari
intensitas specular dapat digunakan persamaan sebagai berikut :
I = Ip * Ks (cos θ ) n
Dari persamaan intensitas specular tersebut cos θ menggunakan dot product antara arah pantulan dengan negasi dari arah sinar.
I = Ip * Ks * ( R • V ) n
dapat dihitung dengan dimana,
I= Intensitas yang dihasilkan
Is = Intensitas specular dari sumber cahaya ‘x’
Ks = Koofisien specular
n = Variabel
yang menentukan luas area yang berkilau jika terkena cahaya yang
dipancarkan oleh sumber cahaya (bila n semakin besar maka cahaya semakin
terfokus atau area yang berkilau menjadi lebih kecil)
R = Arah pantulan, berupa unit vektor
V = Negasi dari arah sinar
Sedangkan vektor R diperoleh dari − S + 2 * ( S • N ) * N
dimana,
S = Vektor dari titik tabrak ke sumber cahaya
N = Vektor normal dari obyek
3. A. Mapping
Mapping : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygons.
B. Jenis – jenis Mapping :
Texture map : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygons.
* Texture map terdiri dari :
- bitmap : memilih file gambar image
- checker : pola papan catur
- marble : tekstur berupa marmer
- gradien : tekstur dari gradasi tiga buah warna
- water : menampilkan efek air
- wood : menampilkan tekstur kayu
Mapping coordinate :
* Mapping Coordinate
- offset : menggeser posisi bitmap pada material
- tilling : mengatur duplikasi bitmap pada material
- mirror : mencerminkan bitmap pada material
- tile : pengkotakkan material
- angle : perputaran material pada objek
- uv/vw/wv : orientasi mapping
- blur : memberikan efek kabur
4.A. Perbedaan Game Online dan Offline
Saya akan men dengan cara
memberi opini tentang KELEBIHAN dan KEKURANGAN masing- masing game, berikut
penjelasannya :
Game
Offline
KELEBIHAN
1. Tidak
perlu koneksi ke internet
2. Memiliki
grafis dan alur cerita lebih menarik
3. Waktu
tunggu / Loading lebih cepat
4. Menambah
pengetahuan karena terjadinya proses penginstalan game
5. Lebih
santai waktu memainkannya
6. Banyak jenisnya
7. Dapat lebih
mengatur waktu
8. Dapat
menyesuaikan game dengan kepribadian& keinginan kita.
KEKURANGAN
1. Cenderung
cepat membosankan
2. Harus
mengeluarkan kocek yg cukup banyak untuk memiliki game baru (jika ingin punya
kaset sendiri)
3. Hanya
bisa bermain sendiri
Game
Online
KELEBIHAN
1. Dapat
berinteraksi ke pemain lain
2. Lebih
banyak yang pemakaiannya GRATIS dibanding Game Offline
3. Lebih
memiliki tantangan
4. Memperluas
jaringan pertemanan
5. Dapat
bermain secara Group/Team
6. Tidak
cepat membosankan karena UPDATE sering dilakukan oleh pembuat game.
KEKURANGAN
1. Harus
ada koneksi internet
2. Lebih
memakan banyak waktu
3. Dapat
menimbulkan kecanduan bermain terus-menerus tanpa memikirkan hal lain
4. Boros,
jika bermain di Warung Internet
5. Jenis
game terbatas
6. Cepat out
of date.
5. Software dalam Membuat Game
a. Adventure Maker Free Edition
Aplikasi yang satu ini tak hanya dapat digunakan untuk membuat game
untuk PC Windows. Anda pun dapat memanfaatkannya untuk membuat game
jenis point-and-click untuk PSP (PlayStation Portable), iPhone, dan juga
!Pod Touch. Selain itu, Adventure Maker juga dapat dipakai untuk
membuat aplikasi multimedia, virtual tours, aplikasi edukasi, hingga
presentasi.
Adventure Maker sangat mudah digunakan. Anda tak perlu melakukan scripting atau pemrograman untuk dapat membuat game. Yang perlu Anda lakukan hanya mengimpor gambar ke aplikasi, menambah sejumlah titik untuk menghubungkan gambar dengan gambar lainnya, dan proses selanjutnya dilakukan oleh aplikasi.
Saat menciptakan software untuk Windows, aplikasi yang mendukung Windows XP dan Vista ini menyediakan fitur “Load/Save Game” functions, inventory items, 360-degree interactive panoramas, dukungan untuk format Flash, karakter untuk pembuatan game third-person, full-screen transitions, efek air dan asap, hingga dukungan untuk 30 lebih format file multimedia.
Adventure Maker sangat mudah digunakan. Anda tak perlu melakukan scripting atau pemrograman untuk dapat membuat game. Yang perlu Anda lakukan hanya mengimpor gambar ke aplikasi, menambah sejumlah titik untuk menghubungkan gambar dengan gambar lainnya, dan proses selanjutnya dilakukan oleh aplikasi.
Saat menciptakan software untuk Windows, aplikasi yang mendukung Windows XP dan Vista ini menyediakan fitur “Load/Save Game” functions, inventory items, 360-degree interactive panoramas, dukungan untuk format Flash, karakter untuk pembuatan game third-person, full-screen transitions, efek air dan asap, hingga dukungan untuk 30 lebih format file multimedia.
Dalam
bundel aplikasi versi gratisnya, Anda mendapatkan fasilitas icon
editor, music composer, aplikasi gambar, dan program untuk mengubah dan
mengompresi gambar. Untuk menambah fungsi program, sejumlah plugin
gratis juga tersedia dan siap diunduh dari situs Adventuremaker.com.
Sejumlah sampel game juga tersedia, berikut tutorial pembuatan, baik itu
untuk membuat game Windows atau pun game untuk konsol dan gadget.
Untuk versi penuhnya, sang pembuat game menyediakan versi berbayarnya. Versi berbayar ini menyediakan fasilitas untuk menjadikan game buatan Anda dalam format EXE sehingga dapat diinstal dan dimainkan tanpa aplikasi Adventure Maker.
Untuk versi penuhnya, sang pembuat game menyediakan versi berbayarnya. Versi berbayar ini menyediakan fasilitas untuk menjadikan game buatan Anda dalam format EXE sehingga dapat diinstal dan dimainkan tanpa aplikasi Adventure Maker.
b. 3D Game Studio
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat baik untuk edukasi,
simulasi dan juga tentunya untuk pembuatan game. Aplikasi ini
menyediakan kemudahan dalam membangun game baik 2D maupun 3D, khususnya
RPG (Role Playing Game). Bahkan dengan aplikasi ini, pengguna dapat
membangun game berbasis format multiplayer, meskipun belum mendukung
tampilan tiga dimensi.
Begitupun untuk pengelolaan karakter Anda boleh membuat sebanyak-banyaknya karakter. Setiap aspek untuk karakter tersebut bisa diset, seperti status, visual, behavoiur, dan perlengkapan karakter saat dimainkan. Karakter di dalam aplikasi ini dibagi dua: karakter yang dapat dimainkan dan yang tidak.
Kalo boleh dibilang 3D Game Studio adalah aplikasi yang terbaik untuk belajar membuat game 2D atau 3D, karena tutorial-nya lengkap, contohnya juga banyak, plugin yang disediakan pun banyak, bagi yang bisa programming lebih bagus lagi karena ada API buat bahasa pemrograman seperti Delphi, .NET C#.
c. Game Maker
Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat
beragam macam game untuk diinstall di PC. Mulai dari game berbentuk maze
(labirin dengan konsep permainan bak puzzle), tembak-menembak, hingga
permainan bertampilan tiga dimensi, dan first person shooter.
Aplikasi ini menjanjikan trik pembuatan game dengan sistem drag-and-drop, sehingga untuk pembuatan game sederhana kita tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman. Namun, ketika ingin membuat permainan yang lebih kompleks, kemampuan pemrograman juga diperlukan di sini.
Tak menguasai bahasa pemrograman? Tenang saja. Anda dapat mengunduh beragam tutorial di situs sumbernya.
Tutorialnya cukup lengkap, komplet dengan panduan step-by-step berformat PDF. Di dokumen ini kode pemrograman instan dapat ditelaah untuk membuat game.
Aplikasi ini juga menyediakan beragam komponen untuk pendukung pembuatan beragam jenis permainan yang dikehendaki. Komponen atau resources ini bahkan ada yang disediakan oleh para pengguna Game Maker lainnya. Anda bisa mengunduh background, musik latar, skrip pemrograman (agar tak repot membuat kode), banner, hingga fasilitas untuk membuat cheat codes di game buatan Anda.
Game buatan Anda ini kemudian dapat diperjual-belikan lho. Jika ingin menambah fungsinya untuk beragam feature baru di aplikasi, software ini dapat di-upgrade dengan meregistrasi atau membeli salinan software versi penuhnya.
Aplikasi ini menjanjikan trik pembuatan game dengan sistem drag-and-drop, sehingga untuk pembuatan game sederhana kita tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman. Namun, ketika ingin membuat permainan yang lebih kompleks, kemampuan pemrograman juga diperlukan di sini.
Tak menguasai bahasa pemrograman? Tenang saja. Anda dapat mengunduh beragam tutorial di situs sumbernya.
Tutorialnya cukup lengkap, komplet dengan panduan step-by-step berformat PDF. Di dokumen ini kode pemrograman instan dapat ditelaah untuk membuat game.
Aplikasi ini juga menyediakan beragam komponen untuk pendukung pembuatan beragam jenis permainan yang dikehendaki. Komponen atau resources ini bahkan ada yang disediakan oleh para pengguna Game Maker lainnya. Anda bisa mengunduh background, musik latar, skrip pemrograman (agar tak repot membuat kode), banner, hingga fasilitas untuk membuat cheat codes di game buatan Anda.
Game buatan Anda ini kemudian dapat diperjual-belikan lho. Jika ingin menambah fungsinya untuk beragam feature baru di aplikasi, software ini dapat di-upgrade dengan meregistrasi atau membeli salinan software versi penuhnya.
itulah beberapa penjelasan mengenain pengenalan teknologi game kurang lebihnya mohon dimaafkan. semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya. terima kasih...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar